Monday, August 23, 2004

Membuat Misi

cuplikan : Tahapan 1
Judul Buku : Breaking The Time
Penerbit : Kreasi Cerdas Utama

Mengendalikan waktu dengan metode Breaking The Time dimulai dari membuat misi. Sebab misi menjawab pertanyaan yang paling mendasar dari keberadaan kita di dunia. Siapa sebenarnya kita? Dan apa maksud keberadaan kita di dunia? Setiap orang mungkin saja mempunyai jawaban yang berbeda-beda. Namun apapun jawabannya, sadar atau tidak, mencerminkan misi hidup anda.
.....
Seberapa penting misi bagi kehidupan kita? Sadar atau tidak, misi sangat mempengaruhi kehidupan kita. Semua tindakan dipengaruhi olehnya. Jika hidup ini berarti memilih untuk melakukan sesuatu atau tidak melakukan sesuatu, maka misilah yang menuntun kita untuk menentukan pilihan tersebut.
......
Ciri-ciri Misi :

  1. Luhur : Misi hidup positif adalah misi yang luhur dan ideal. .....
  2. Fleksibel : ..... Tidak terlalu kaku, dan memberi ruang bagi perubahan-perubahan cara untuk mencapai tujuan.
  3. Menarik : Misi yang menarik berarti misi yang mampu memotivasi penyandangnya untuk senantiasa menjalankan dan mempertahankannya dalam situasi. .....
  4. Spiritual : Spiritual di sini berarti misi bersifat non materi dan abstrak. ....
  5. Jelas : Misi harus jelas, sehingga mudah memahami dan menghayatinya. ....
  6. Singkat : Misi sebaiknya singkat dan padat. .....

......

Cara membuat Misi :

1. Menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut :

  • Siapa saya ?
  • Mengapa saya ada ?
  • Apa keunggulan/kelebihan yang saya miliki?
  • Untuk siapa saya bekerja?
  • Apa hasil/produk dari pekerjaan saya?
  • Dimana saya mengerjakannya? (opsional)

2. Menggabungkan jawaban pertanyaan tentang misi menjadi satu atau beberapa kalimat.


0 Comments:

Post a Comment

<< Home