Friday, September 10, 2004

Menentukan Peran

cuplikan : Tahapan 2
Judul Buku : Breaking The Time
Penerbit : Kreasi Cerdas Utama

Misi hidup tidak ada gunanya jika tidak ada penerapan dalam kehidupan sehari-hari. Ketika menerapkan misi, kita akan menerapkannya dalam berbagai peran hidup kita. Peran adalah posisi atau kedudukan di mana seseorang diharapkan melakukan perilaku tertentu.

Dalam kehidupan ini, setiap orang memiliki peran yang bermacam-macam. Peran-peran itu dijalankan oleh setiap orang secara berbarengan menurut takaran yang berbeda. Ada peran yang utama, karena waktu dan tenaga kita lebih banyak tercurah disana. Ada pula peran pembantu, yang walau membutuhkan porsi waktu dan tenaga yang kecil, namun tetap juga harus diperhatikan. Pendek kata tidak ada orang yang hanya memiliki satu peran. Sebagai contoh, Anda mungkin mempunyai peran sebagai karyawan, di samping itu sebagai mahasiswa sekaligus anak dari sebuah keluarga.

Orang yang tidak dapakt seimbang dalam memenuhi perannya kemungkinan besar akan mengalami kegagaln dan kekecewaan hidup.....

Kita perlu menciptakan sinergi antar peran kita. Sinergi antar peran dapat menghemat waktu maupun tenaga. Dengan mengajak anak ke toko buku, kita dapat mengembangkan diri sebagai upaya menjalankan peran pekerjaan sekaligus pada saat yang sama membina hubungan yang lebih baik dengan anak sebagai upaya menjalankan peran keluarga.

Langkah aplikatif untuk menentukan peran :

  1. Menginventarisir Peran
  2. Menyeleksi Peran
    1. Menyisihkan Peran yang tidak Sesuai dengan Misi Hidup
    2. Mengelompokkan Peran-peran Sejenis

0 Comments:

Post a Comment

<< Home